Delegasi Militer Belanda Kunjungi Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama ~ Museum Dan Monumen Pusat Disjarahad







Delegasi Militer Belanda Kunjungi Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama

Regiment Stoottroepen Prins Bernhard dari Royal Netherlands Army mengunjungi Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama Balakmusmonpus Disjarahad di Yogyakarta pada hari Sabtu tanggal 21 September 2024. Rombongan Regiment Stoottroepen Prins Bernhard dari Royal Netherlands Army berjumlah 26 orang dipimpin oleh Kepala Delegasi Militer AD Belanda Major Jan Bethlehem dan didampingi oleh Atase Pertahanan Belanda Kolonel Norbert Moerkens. 
Delegasi tersebut tiba di Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama pkl 15.00 disambut oleh Kabalakmusmonpus Kolonel Inf Budi Mawardi Syam, M.Han. beserta staf kemudian dilanjutkan pertukaran cinderamata dan foto bersama. Dalam sambutannya Kabalakmusmonpus mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungannya ke Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama di Yogyakarta. Kemudian Kolonel Inf Budi menyampaikan bahwa Museum ini di bawah Dinas Sejarah Angkatan Darat yang berkantor di Bandung  dipimpin oleh Brigjen TNI Arif Cahyono, SE. Kabalakmusmonpus membawahi lima museum dua ada di Yogyakarta yaitu museum ini dan Museum Jenderal Besar Sudirman, dua di Jakarta yaitu Museum Jenderal Besar DR.AH Nasution dan Museum Jenderal A.Yani serta Museum dan Monumen PETA di Bogor. Setelah itu mereka melakukan tour museum dipandu oleh Kepala Museum dan Staf dijelaskan tentang berdirinya museum dan benda-benda koleksi yang ada di museum kemudian diterjemahkan kedalam bahasa Belanda oleh sdr. Satrio Dwicahyo, S.S., M.Sc., M.A. Pada saat dijelaskan delegasi tersebut kagum dengan sejarah perjuangan dan perkembangan TNI-AD, juga koleksi Weapon Box serta museumnya sangat bagus dan menarik. Kunjungan diakhiri dengan masuk ke Bunker Jepang kemudian makan bersama bakso dan siomay di Warung Bakso Bunker dilanjutkan membagi bakso dan siomay warga di sekitar museum.
Tujuan kunjungan ke Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama adalah ingin berwisata sambil belajar sejarah perkembangan TNI-AD. Kolonel Norbert Moerkens (Atase Pertahanan Kedubes Belanda di Jakarta) dan Mayor Jan Bethelehem (Perwira Tertua dari delegasi) mengucapkan terima kasih atas sambutan yang hangat dari Balakmusmonpus Disjarahad dan berharap agar terjalin suatu hubungan dan Kerjasama yang baik antara TNI AD dan AD Belanda di masa yang akan datang.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

FANPAGE