MAN 3 Sleman Yogyakarta dan SMK Kesehatan Gunungkidul Yogyakarta Ramaikan Museum Dharma Wiratama ~ Museum Dan Monumen Pusat Disjarahad







MAN 3 Sleman Yogyakarta dan SMK Kesehatan Gunungkidul Yogyakarta Ramaikan Museum Dharma Wiratama

**
MAN 3 Sleman Yogyakarta memilih lagi Museum Dharma Wiratama untuk kembali berkegiatan karena belum lama kemarin pada Hari Minggu tanggal 1 September 2024 sudah berkunjung ke tempat ini. Namun kali ini kegiatannya lain yaitu melantik Pramuka Ambalan sejumlah 360 siswa, alasan dipilihnya tempat ini yaitu karena areanya luas, menarik, aman dan nyaman. Kegiatan tersebut dilaksanakan dimulai dengan jalan kaki perkelompok dari sekolah yang kurang lebih dengan jarak 3,8 km menuju ke Museum Dharma Wiratama. Setelah sampai di museum tiap-tiap kelompok mereka mencari jawaban persoalan yang diberikan oleh  kakak pembina. Kemudian mereka diberikan penjelasan oleh para pemandu museum tentang benda-benda koleksi di Museum Dharma Wiratama perkelompok. Para siswa mendengarkan dengan seksama dan penuh antusias. 
Kegiatan MAN 3 Sleman masih berlangsung disusul dengan kunjungan dari SMK Kesehatan Gunungkidul Yogyakarta yang berjumlah 75 siswa. Mereka diterima di Aula Museum Dharma Wiratama oleh Pelda Setyo selaku pemandu menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungannya kemudian dijelaskan tentang sejarah museum. Setelah itu mereka dibagi menjadi tiga kelompok dan perkelompok diajak masuk museum untuk melihat benda-benda koleksi lebih dekat serta mereka sangat tertarik ketika dijelaskan tentang delapan palagan mulai dari Palagan Medan, Palagan Palembang, Palagan Bandung, Palagan Semarang, Palagan Ambarawa, Palagan Surabaya, Palagan Bali dan Palagan Makasar. Mereka sangat antusias mendengarkan seolah-olah terbayang bagaimana susahnya berjuang mempertahankan kemerdekaan Negara Republik Indonesia pada saat itu.

Setelah kegiatan keliling museum selesai dengan melihat Bunker Jepang, siswa MAN 3 Sleman Yogyakarta dilanjutkan dengan upacara pelantikan Pramuka Ambalan di halaman Museum Dharma Wiratama. Kegiatan upacara diikuti dengan tertib dan hikmat. Pramuka Ambalan merupakan kegiatan yang sangat positif karena mereka dilatih dengan disiplin, banyak pelajaran bagaimana berorganisasi, juga membentuk karakter kepribadian yang bertanggungjawab, ditambah berkunjung ke museum untuk menambah wawasan pengetahuan tentang sejarah guna menanamkan nilai-nilai Patriotisme dan Nasionalisme. Lengkaplah sudah kegiatan meramaikan Museum Dharma Wiratama dengan banyak wawasan, pengetahuan, hikmah dan keteladanan yang didapatkan. Kegiatan meramaikan Museum Dharma Wiratama pada hari Jum'at tanggal 6 September 2024 dari Pkl 10.00 s.d. 16.20, semua kegiatan berjalan tertib, lancar dan aman, dokumentasi terlampir.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

FANPAGE