FGD Pemanfaatan Musmon TNI-AD Guna Tingkatan Nasionalisme Generasi Zomers Di Museum Jenderal Besar DR. AH Nasution ~ Museum Dan Monumen Pusat Disjarahad







FGD Pemanfaatan Musmon TNI-AD Guna Tingkatan Nasionalisme Generasi Zomers Di Museum Jenderal Besar DR. AH Nasution

Museum bukan hanya tempat untuk menyimpan benda-benda kuno akan tetapi mempunyai fungsi antara lain sebagai tempat informasi, rekreasi, edukasi, dan penelitian. Sebagai tempat informasi tentang benda-benda koleksi yang dipamerkan di museum tersebut. Tempat rekreasi berarti museum juga bisa untuk tempat bersenang-senang yang aman dan nyaman. Tempat edukasi yaitu untuk belajar tentang sejarah, pendidikan, budaya sesuai dengan koleksi yang dipamerkan dalam museum tersebut. Fungsi penelitian yaitu benda koleksi/bangunan di museum dapat diteliti sebagai kajian ilmiah sehingga dapat menimbulkan Inspirasi. Fungsi edukasi ini digunakan untuk kegiatan FGD dengan tema " Pemanfaatan Museum dan Monumen TNI-AD Guna Meningkatkan Nasionalisme Generasi Zomers "Z". 
Generasi sekarang yang disebut dengan generasi Zomers / Z merupakan generasi muda yang akan melanjutkan kepemimpinan dimasa yang akan datang dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga harus memiliki pengetahuan yang luas dan dapat mengikuti perkembangan kemajuan teknologi serta memiliki karakter sesuai dengan kepribadian Bangsa Indonesia yang memiliki pedoman hidup yaitu Pancasila dan UUD 1945. Untuk itu melalui FGD yang dilaksanakan di Museum Jenderal Besar DR. AH Nasution diikuti oleh jajaran Bintaljarahdam TNI-AD diseluruh Indonesia melalui platform YouTube milik Dinas Sejarah Angkatan Darat yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 2 September 2024 bertempat di Museum Jenderal Besar DR. AH Nasution dengan tujuan untuk  menambah pengetahuan dan wawasan bagi generasi Zomers agar dapat meningkatkan rasa Nasionalisme dan Patriotisme.

Rasa Nasionalisme dan Patriotisme ini pun sangat penting terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara karena merupakan wujud kecintaan dan penghormatan terhadap bangsa sendiri. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam meningkatkan rasa nasionalisme.
“Contohnya dengan pembiasaan menyanyikan lagu nasional, penghormatan bendera merah putih, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, termasuk melalui FGD yang membahas tentang sejarah perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dan masih banyak yang lainnya. Dengan demikian rasa nasionalisme dalam diri pelajar/ generasi muda akan terus berkembang dan tetap terpatri didalam dada generasi penerus bangsa.

FGD Kajian Sejarah dengan narasumber ;
1. Dr. Kresno Yulianto S.S., M.Hum.
2. Yiyok Trio Herlambang, SE., M.M.
3. Ahmad Raihan Rizki.
Dimoderatori oleh Indri Rahmawati dengan membahasa tentang.: 
a.  Bagaimana strategi pemasaran museum itu dapat mendatangkan pengunjung yang banyak dan berulangkali berkunjung.
b. Museum dapat mengedukasi, menginspirasi dan sebagai tempat informasi yang menyenangkan, aman dan nyaman.
c. Media sosial supaya digencarkan dengan menggunakan Website, IG, Facebook dan Tiktok.
Kemudian ada sesi diskusi dan tanya jawab.
Kegiatan telah berjalan tertib, lancar dan aman, dokumentasi terlampir.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

FANPAGE