SDN Jetis Karangmojo Gunungkidul Yogyakarta Dalam WKM Di Museum Dharma Wiratama ~ Museum Dan Monumen Pusat Disjarahad







SDN Jetis Karangmojo Gunungkidul Yogyakarta Dalam WKM Di Museum Dharma Wiratama


Untuk lebih mengenalkan kecintaan anak-anak tentang museum melalui program yang telah dicetuskan oleh Dinas Pendidikan Kebudayaan DIY,  SDN Jetis Karangmojo Gunungkidul Yogyakarta pada hari Rabu tanggal 12 Juni 2024 melaksanakan kegiatan Wajib Kunjung Museum  (WKM) di Museum Dharma Wiratama.


Upaya tersebut dilakukan oleh para guru dari SDN Jetis Karangmojo Gunungkidul dalam menanamkan kesadaran tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sejarah seperti rela berkorban, persatuan dan kesatuan dan pantang menyerah sebagaimana yang telah dicontohkan oleh para pahlawan harus harus ditanamkan  kepada anak-anak sejak usia dan melalui pendidikan dan pengajaran.

Kabalakmusmonpus Disjarahad Kolonel Inf Budi Mawardi Syam, M. Han kepada para guru  SDN Jetis Karangmojo Gunungkidul yang melaksanakan kunjungan di Museum Dharma Wiratama   berharap dapat mengarahkan kepada para muridnya agar mereka mempunyai kemampuan untuk memilah-milah nilai-nilai yang terkandung di  dalam sejarah perjuangan dan bagaimana mereka nantinya dapat  mentransformasi nilai-nilai positif tersebut  menjadi milik dirinya dan akan dijadikannya sebagai teladan positif sebagai upaya dalam berjuang dan  membangun bangsa dan negara  di masa yang akan datang. Pembinaan tersebut  tentunya diperlukan adanya kerja sama oleh semua lapisan masyarakat dan  nilai-nilai positif tersebut dapat diperoleh dengan memahami sejarah.

Museum merupakan tempat menyimpan benda dan cerita yang terjadi di masa lalu dan  melalui museum inilah seseorang dapat belajar mengenai sejarah dan pengetahuan. Sejarah bukan hanya sekadar suatu catatan peristiwa yang terjadi di masa lalu,  namun sejarah  akan menjadi kunci bagi seseorang untuk dapat memahami dunia saat ini dan bahkan untuk masa yang akan datang," tegas Kabalak.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

FANPAGE

Blog Archive